Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Durasi Masa Berlakunya SIUP Untuk Perusahaan Besar Adalah

Usaha atau bisnis apapun akan tenang manakala ada SIUP nya ( Surat Izin Usaha Perdagangan). Namun, perlu diperhatikan kalau ternyata SIUP ada masa berlakunya, masa berlakunya siup untuk perusahaan besar adalah? Nah, pada artikel ini akan kita kupas lengkap mengenai durasi masa aktif dari SIUP.


Surat Ijin Usaha Perdagangan atau dipersingkat jadi SIUP adalah Surat Ijin untuk dapat melakukan aktivitas usaha perdagangan secara legal yang harus dipunyai oleh tiap usaha baik perseorangan atau tubuh usaha.


Masa Berlakunya SIUP Untuk Perusahaan Besar Adalah
Masa Berlakunya SIUP Untuk Perusahaan Besar Adalah

Pemahaman perdagangan yang diartikan adalah aktivitas usaha transaksi bisnis barang atau jasa seperti jual beli, sewa membeli, sewa sewa yang sudah dilakukan secara terus-menerus dengan arah peralihan hak atas barang atau jasa dengan dibarengi imbalan atau ganti rugi. Tiap yang melakukan harus memiliki, walau nilainya masih usaha micro.


Masa Berlakunya Siup Untuk Perusahaan Besar Adalah

Mahirbisnis.com - Untuk menjawab pertanyaan kamu tentang masa berlakunya siup untuk perusahaan besar adalah? sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu peraturan perundangan mengenai hal ini.


Berdasar Perdagangan No. 7/M-DAG/PER/2/2017 mengenai Peralihan Ke-3 Atas Permendag No.36/MDAG/PER/9/2007 mengenai Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan, persisnya pasal 7 yang mengatakan jika masa berlaku SIUP sepanjang Perusahaan Perdagangan jalankan aktivitas usaha dan tidak ada peralihan.


Pada pertauaran awalnya, Permendag No.36/MDAG/PER/9/2007 masa berlaku SIUP besar sepanjang lima tahun dan dapat diperpanjangan sama sesuai persyaratan dan ketetapan berlaku.


Baca Juga Teknik Pemasaran Digital


Dan SIUP Micro, kecil dan menengah mempunyai masa berlaku yang tak terbatas sepanjang perusahaan yang memiliki masih jalankan aktivitas upayanya.


Jadi sejauh ini yang kebingungan berkenaan peralihan masa berlaku SIUP Besar itu betul ada. Masa berlaku SIUP besar tak terbatas asal tidak ada peralihan beberapa data perusahaan. 


Peralihan itu ditata pada Permedag No. 7/M-DAG/PER/2/2017. Peralihan berlaku semenjak bulan juli 2017, tetapi berkenaan pelakskanannya penulis tidak demikian memahami. 


Karena bukanlah orang perdagangan yang perlu bermasalah permasalahan ijin perdagangan. 


Tetapi jika ada ketentuannya maknanya dapat dilaksanakan, asal memberikan laporan SIUP yang lama dengan SIUP yang baru sesuai persyaratan ketetapannya.



Baca Juga Kerjasama Usaha Bahan Bangunan


Perusahaan Yang tidak harus Mempunyai SIUP

Ada banyak pengecualian untuk beberapa perusahaan tertentu yang dibebaskan dari kewajiban untuk mem SIUP, diantaranya :


  • Cabang atau perwakilan perusahaan yang ada di pusat, yang dalam jalankan aktivitas perdagangan memakai SIUP kantor pusat perusahaan.
  • Perusahaan yang telah memperoleh ijin usaha wujud lain dari departemen tehnis berdasar ketentuan perundang-undangan yang berjalan, dan perusahaan itu tidak melaku aktivitas perdagangan.
  • Khusus perusahaan produksi yang dibangun dalam rangkan Undang-Undang Tahun 1968 mengenai Penanaman Modal Dalam Negeri dibebaskan atas kewajiban mempunyai SIUP.
  • Perusahaan Jabatan (Perjan) dan Perusahaan Umum (Perum).


Perusahaan kecil perseorangan. Maskudnya perusahaan yang penuhi syarat berikut ini:


  1. Tidak sebagai tubuh hukum
  2. Usaha cuma digerakkan atau diatur oleh pemiliknya atau mungkin dengan mengaryakan anggota keluarganya yang paling dekat.
  3. Profit bisnis betul-betul sekedar hanya untuk memenuhi nafjag hidup setiap hari pemiliknya dan keluarganya.
  4. Tiap usaha dagang berkeliling-keliling, pedagang tepi jalan atau pedagang lima yang keuntungan tidak berapa.


Melalui artikel ini, mudah-mudahan untuk yang masih bimbang berkenaan peralihan masa berlaku SIUP Besar, Menengah kecil dan micro tidak paham kembali.


Karena jelas sudah jika pada permendag No. 7/M-DAG/PER/2/2017 pasal 7 mengatakan masa berlaku SIUP tak terbatas. Untuk pemilik usaha yang memanglah tidak harus mempunyai SIUP, khususnya perseorangan seharusnya masih tetap membuat SIUP Micro.


SIUP Micro adalah tipe SIUP untuk usaha yang modal dan kekayanan tidak lebih dari 50 juta. SIUP bermanfaat untuk mendukung aktivitas usaha yang perlu nantinya seperti memperoleh akses pendanaan perbankan, perdagangan internasional dan kerja-sama antara perusahaan.


Cara Cek Masa Berlaku SIUP

 Berikut ini adalah beberapa cara untuk cek masa berlaku SIUP.


  • Kunjungi Situs SIUP Terkait

Hal pertama kali yang harus dilaksanakan adalah buka SIUP sesuai domisili atau lokasi usaha kamu. Kemudian bikinlah account dengan lengkapi data personal, seperti KTP, KK, nomor NPWP, alamat, tempat tanggal lahir dan nomor telephone.


  • Click Menu Buat Permintaan Baru

Cara selanjutnya adalah click menu "Buat Permintaan Baru", selanjutnya isikan kolom type permintaan dan type pengajuan, dan lokasi di mana ijin diberi.


Seterusnya pemohon diharuskan untuk mengupload arsip syarat untuk membuat SIUP, dimulai dari foto copy KTP, foto copy KK, foto copy NPWP, Surat Pengakuan Posisi Usaha dan pas-foto pemohon.


  • Menu Ijin Saya

Kamu dapat mengawasi perubahan pembikinan SIUP lewat menu "Ijin Saya", sesudah semua arsip dikirim. Lewat menu ini juga, kamu bisa memeriksa apa hal pemberian izin kamu diterima, di-pending, atau ditampik.


Baca Juga Usaha Toko Bangunan Tanpa Modal


Demikian artikel mengenai pembahasan pertanyaan masa berlakunya siup untuk perusahaan besar adalah. Semoga artikelnya bermanfaat ya guys, terimakasih telah berkunjung, salam sukses selalu.